Jumat, 12 September 2014

SISTEM INFORMASI KESEHATAN


SISTEM INFORMASI KESEHATAN
Pemerintah menggunakan system informasi kesehatan berlandaskan kepada keterbukaan yang bertujuan untuk keakuratan dan mendukung operasi dalam informasi maupun tindakan lainnya dalam kesehatan. Dengan adanya keterbukaan, diharapkan mampu mempermudah dalam pengakuratan data yang dikumpulkan dengan banyaknya partisipan yang mengkoreksi data tersebut.

Berhubungan dengan Sistem informasi kesehatan, kesehatan itu sendiri merupakan sebuah substansi yang mempelajarai tingkat individu sampai tingkat ekosistem. Seta perbaikan fungsi setiap unit dalam system hayati tubuh manusia mulai dari tingkat sub sampai dengan system. Sedangkan system informasi kesehatan itu sendiri:
  1. Sarana sebagai penunjang pelayanan ilmu kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.
  2. Dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan di semua jenjang
  3. Bukan hanya data namun juga semua informasi yang lengkap, tepat, akurat dan cepat yang dapat disajikan dengan adanya system informasi kesehatan.
Dengan system informasi kesehatan, maka tindakan kesehatan dapat dilakukan dengan tepat, akurat dan cepat. Selain itu manfaat yang penting dari SIK ini akan lebih hemat (nilai ekonomis) terhadap anggaran, sebagaimana telah dilakukan oleh orang-orang barat yang lebih dahulu menggunakan system ini.
Kelemahan
SIK ini dinilai sangat berperan penting sekali untuk proses perkembangan atau pelayanan kesehatan kedepannya. Akan tetapi pada kenyataannya pemikiran positif ini hanya berlaku bagi beberapa kalangan yang resfek saja, beberapa kalangan justru menganggap ini sebagai sebuah hal yang sangat mengganggu. Beberapa tenaga kesehatan memandang dengan adanya hal ini berarti mereka juga harus melakukan pembelajaran kembali khususnya dibidang SIK ini. Selain itujuga, SDM tenaga kesehatan sekarang ini sangat sedikit yang menguasa dibidang TI sehingga akan sangant mempengaruhi dalam proses penggunannya. Bukan hanya itu, infestasi yang dilakukan untuk menerapkan system ini juga terbilang tinggi di awalnya sehingga memerlukan biaya yang lebih.

Catatan:
Artikel ini dutujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah SIK (system informasi kesehatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar